Sabtu, 19 April 2014
   HOME   PRODUK PERUNDANGAN   PROFIL      KONTAK KAMI    BUKU TAMU    GALERI   LINK TERKAIT    SITEMAP   






Kakanwil : SOP Pelayanan Ibadah Haji Sudah Baku

Foto

Samarinda (Hukmas) - Melalui Bidang Penyelenggara Haji, Zakat dan Wakaf, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur gelar Orientasi SOP (Standar Operasional Prosedur) Pelayanan Ibadah Haji selama 4 hari (29/4-2/5), dihadiri 30 peserta dari Kasi Haji dan Pelaksana maupun dari KUA se-Kaltim, bertempat di Hotel Grand Jamrud acara ini dibuka oleh Kakanwil Kementerian Agama Prov. Kaltim, Drs. H. M. Kusasi, M.Pd.

Drs.H. Machmud S,MM selaku ketua panitia mengatakan, acara ini bertujuan untuk menyampaikan informasi SOP Pelayanan Ibadah Haji Tahun 2011, dan materi yang diberikan diantaranya: Kebijakan Teknis Penyelenggaraan Haji 2011, SOP Pelayanan Ibadah Haji, SOP Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah, SOP Pendaftaran dan Pembatalan, SOP Recruting Petugas Haji dan SOP Klaim Asuransi.

"Setiap tahun ada suara tidak menyenangkan, yang mengatakan Kementerian Agama tidak sanggup menyelenggarakan Ibadah Haji dan banyak masalah, dan harus diserahkan ke swasta, hal tersebut diutarakan karena beberapa pihak ingin mengambil jatah untuk kepentingan ekonomi saja, terlihat hampir 10.000 jamaah haji yang dikelola ONH Plus/Swasta masih banyak masalah, dan parahnya pemerintah (Kementerian Agama) juga yang harus menanggung beban masalah tersebut". jelas Kakanwil.

"Sedangkan Pemerintah sukses memberangkatan dan memulangkan lebih 200.000 orang jamaah haji tahun 2010 lalu, walapun ada persoalan rutin yang dihadapi dari tahun-ketahun, seperti transportasi, akomodasi dan katering, namun bisa atasi dengan baik disana", tambah beliau.

Diakhir sambutannya kakanwil berpesan "Untuk menghindari permasalahan, perlu ditekankan SOP (Standar Operasional Prosedur) Pelayanan Ibadah Haji dapat berjalan dengan baik, masyarakat harus diberi kesabaran agar mendaftar haji melalui aturan yang sudah ada, yang penting masyarakat diminta pro-aktif menanyakan nomor kursi/urut atau tahun berapa dia akan berangkat kepada Petugas Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota". (zaky)

Diupload oleh Humas Kanwil Kaltim (-) dalam kategori Bidang Haji, Zakat dan Wakaf pada tanggal 02-05-2011 00:00

Berita Terkait
©2011 Kementerian Agama Republik Indonesia Pusat Informasi Keagamaan dan Kehumasan
Halaman ini diproses dalam waktu 0.007210 detik